Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono menegaskan bahwa TNI tidak akan memberikan toleransi bagi perusuh yang mencoreng nama bangsa dan negara Indonesia selama pelaksanaan Forum Ekonomi Dunia Asia Timur (WEFEA) di Jakarta 12 hingga 13 Juni 2011.

"Tidak boleh ada toleransi dalam bentuk apa pun, yang dapat merugikan nama baik bangsa Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan WEFEA 2011," katanya di Jakarta, Sabtu.

Hal itu disampaikannya saat melakukan pengecekan akhir kesiapan aparat TNI/Polri mengamankan kegiatan Forum Ekonomi Dunia Asia Timur 2011, bersama Kepala Polri Jenderal Pol Timur Pradopo di Hotel Shangrila tempat pelaksanaan pertemuan digelar.

Pertemuan yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu rencananya akan dihadiri Presiden Singapura, Perdana Menteri Thailand dan Mongolia.

Terkait itu, TNI dan Polri membentuk Komando Operasi Pengamanan (Koopspam ) WEFEA 2011 yang dikomandani Mayjen TNI Waris (Pangdan Jaya) dan Irjen Pol. Sutarman (Kapolda Jaya) selaku Wadankoopspam.

Setiba di Hotel Shangrila, Panglima TNI dan Kapolri langsung menuju ke Posko Satgaspam VVIP untuk menerima paparan kesiapan pengamanan VVIP yang disampaikan oleh Kolonel Inf. Hasan (Asops Paspampres). .

Beberapa hal yang menjadi perhatian Panglima TNI adalah masalah kontijensi dan rencana "escape" terhadap kemungkinan ancaman yang terjadi terhadap keselamatan VVIP.

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI berkesempatan melakukan teleconference dengan Posko Satgaspamud yang ada di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Posko Satgaspamwil yang ada di Kodam Jaya dan juga dengan Pusdalops TNI.

Selain meninjau Posko Satgaspam VVIP, Panglima TNI dan Kapolri juga meninjau Ballroom yang digunakan untuk pertemuan WEFEA 2011, termasuk sarana dan fasilitas yang akan digunakan oleh para tamu VVIP.

Selesai mengecek kesiapan pengamanan VVIP, Panglima dan Kapolri juga meninjau kesiapan barak anggota satgas yang terletak di areal Hotel Shangrila serta fasilitasnya.

Pengecekan kesiapan pengamanan WEFEA 2011 itu untuk meyakinkan kesiapan pasukan yang terlibat dalam pengamanan baik dari TNI maupun Polri sehingga seluruh delegasi nantinya dapat melaksanakan kegiatan dengan aman dan nyaman.

Koopspam TNI WEFEA 2011 terdiri atas Pengamanan VVIP yang meliputi Satgaspam VVIP, Satgaspamwil, Satgaspamud dan Satgasintel serta Pengamanan VIP yang dilakukan unsur Polri.

(R018/S026)